4 Jenis Material Kanopi Pada Carport

4 Jenis Material Kanopi Pada Carport | Emperan mobil atau biasa disebut dengan carport mempunyai fungsi yang sama dengan garasi. Meskipun perlindungan kendaraannya tidak sebaik garasi. Tapi, masalah keterbatasan lahan bisa memungkinkan orang lebih memilih menggunakan carport sebagai tempat berlindungnya kendaraan. Seperti halnya kanopi rumah minimalis yang kini sedang menjadi trend.

4 Jenis Material Kanopi Pada Carport
Model Kanopi Rumah Minimalis

Mengingat fungsi carport untuk melindungi kendaraan, maka pembuatannya pun harus memperhatikan beberapa elemen penting agar fungsinya juga maksimal. Misalnya saja, pada pemilihan bahan material yang akan digunakan untuk kanopi carport.

Dalam penggunaan material kanopi carport ada baiknya disesuaikan dengan desain karport dan desain rumah itu sendiri. Konsep yang dibuat juga harus selaras karena letaknya yang menyatu dengan fasad rumah, sehingga carport akan nampak harmonis dan menyatu dengan rumah.

Dalam pemilihan kanopi, hal yang paling penting adalah rangka yang kuat, ringan dan tahan akan cuaca apapun. Kegunaan dari pemilihan ini agar carport  tidak terlalu panas pada waktu siang hari. Berikut ini merupakan berbagai jenis material yang bisa Anda gunakan pada kanopi carport.

1. Genteng
Genteng dengan bahan dasar tanah liat yang dibakar akan memberikan kesan yang alami pada carport rumah. Selain bisa menahan panasnya sinar matahari, warna coklat pada genteng ini juga akan memberikan efek yang sejuk. Sedangkan, untuk genteng berbahan beton tentu lebih berat dan kaku sehingga memerlukan rangka yang kuat. Untuk genteng berjenis metal yang terbuat dari campuran lembaran baja ringan, seng, dan aluminium akan memberikan kesan ringan pada carport. Material jenis metal ini akan cocok digunakan untuk rumah minimalis modern dan kontemporer.

2. Kaca
Kanopi dengan bahan kaca tentu lebih memungkinkan cahaya matahari menembus ke dalam. Bentuknya yang transparan dan ringan membuat kaca mudah pecah sehingga pada umumnya pemasangan kanopi kaca dipasang rangkap dua. Maksud dari hal ini adalah jika kaca tertimpa benda dari atas hanya akan mengalami retak. Pastikan juga dalam pemasangan kaca telah benar.

3. Polikarbonat
Material yang terbuat dari polikarbonat lebih berkarakter ringan dan sangat cocok digunakan pada rumah yang bertema modern. Material berjenis polikarbonat memiliki bahan lembaran plastik yang mempunyai rongga untuk menyerap sinar matahari. Biasanya polikarbonat diberi sealant dan disekrup pada balok rangka atap. Fungsi dari sealant ini untuk melindungi bahan dari rembesan air hujan.

4. Kain Polyethelene
Kain polyethelene ini memiliki karakter plastik yang kenyal sehingga cocok digunakan pada carport yang menggunakan kontruksi tenda. Pori-pori yang kecil membuat bahan ini agak transparan sehingga memungkinkan matahari menembus ke lantai carport. Tetapi, dengan pori-porinya yang kecil membuat air hujan mudah untuk menembus dan berkesan seperti tampias. Bahan kain olyethelene ini juga tahan sinar Ultra Violet (UV) sehingga tidak akan mudah kusam dan rusak.

Demikian beberapa ulasan mengenai memilih material kanopi rumah yang bisa dijadikan referensi untuk carport Anda.

Advertisement
loading...
4 Jenis Material Kanopi Pada Carport | yoshiwafa | 4.5