4 Tips Mudah Membersihkan Kasur dari Kuman

4 Tips Mudah Membersihkan Kasur dari Kuman | Umumnya orang beranggapan bahwa dengan rutin mengganti seprai sudah cukup untuk menghalau berbagai kuman dan bakteri di kasur. Apakah Anda yakin? Justru hal paling krusial adalah kasur itu sendiri bukan pada seprainya.

Tips Mudah Membersihkan Kasur dari Kuman

Mungkin betul dengan mengganti seprai lama dengan yang baru, Anda akan merasa nyaman tidur di atas kasur yang bersih. Namun tanpa disadari kasur yang sudah lama tidak Anda bersihkan terdapat mahkluk seperti kuman dan bakteri yang tidak kasat mata berkembang biak di balik seprai. Hal ini terjadi akibat lembab yang disebabkan berbagai jenis cairan seperti keringat, noda makanan, atau rembesan sisa air dari handuk yang diletakkan di atas kasur.

Jika dibiarkan tentu membuat kuman, bakteri atau bahkan jamur tumbuh dengan subur di kasur Anda. Sebelum Anda berkeinginan untuk cepat-cepat menghindar dari hal tersebut, berikut kami sediakan cara membersihkan kasur.

1. Gunakan Vacuum Cleaner Untuk Cara Paling Mudah
Vacuum cleaner bisa mengangkat debu, sel-sel kulit mati, atau partikel-partikel kecil lainnya yang menempel di seluruh permukaan kasur. Lakukan hal ini minimal dua minggu sekali. Jika Anda malas, satu bulan sekali juga tidak masalah. Jangan lupa bagian mulut penyedotnya juga harus rutin dibersihkan karena jika tidak, sama saja Anda hanya memindahkan lagi debu-debu tersebut ke kasur.

2. Baking Soda Untuk Menetralisir Bau
Campuran keringat, debu, dan benda-benda kecil lainnya yang ada di kasur dapat menimbulkan bau yang cukup aneh. Untuk menetralisir bau tersebut, Anda bisa menggunakan baking soda yang ampuh menetralisir bau kurang sedap pada kasur. Caranya, taburkan baking soda ke seluruh permukaan kasur dan biarkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan vacuum cleaner. Jika Anda kurang puas tambahkan lima tetes minyak esensial ke baking soda sebelum ditaburkan ke atas kasur.

3. Perhatikan berbagai jenis noda yang sering hinggap di kasur
Noda di kasur biasanya terbagi menjadi 3 jenis yaitu protein, tannin, dan minyak. Noda yang paling bandel dan membutuhkan usaha keras adalah noda protein seperti keringat, darah, muntah, urin, dan cairan-cairan yang berasal dari dalam tubuh. Apabila noda-noda tersebut mengenai kasur, Anda harus cepat membersihkannya dengan kain yang dibasahi air dingin, kemudian dibersihkan lagi dengan kain kering.

Gunakan gerakan menekan saat membersihkan. Agar lebih bersih secara maksimal, gunakan campuran baking soda, garam, dan air. Diamkan selama 30 menit kemudian sikat dan bersihkan lagi dengan kain yang dibasahi air dingin lalu biarkan sampai mengering.

Jika belum hilang, gunakan sabun pencuci piring dan sikat lembut dengan sikat gigi dan bersihkan dengan kain yang dibasahi dengan air dingin. Apabila belum mempan juga, saatnya Anda menggunakan pembersih yang mengandung enzim.

4. Layanan Laundry Jika Anda Hampir Menyerah
Semua upaya sudah Anda lakukan tapi masih ada juga noda bandel yang menempel meskipun hampir tidak kasat mata. Namun, Demi kesehatan dan kualitas tidur yang lebih baik, Anda bisa menggunakan jasa pencucian. Di tempat laundry mempunyai alat-alat lengkap yang dapat membersihkan kasur secara keseluruhan. Hal ini tentu membutuhkan lebih banyak biaya.

Demikian beberapa cara membersihkan kasur dari kuman. Semoga membantu Anda.

Advertisement
loading...
4 Tips Mudah Membersihkan Kasur dari Kuman | yoshiwafa | 4.5