Gambar Model Atap Rumah Minimalis

Gambar Model Atap Rumah Minimalis | Model atap rumah yang memiliki penampilan desain moderen kian menjadi incaran para konsumen, salah satunya adalah model atap rumah minimalis. Oleh karena itu banyak developer mulai berlomba-lomba memberikan desain yang menarik bagi target konsumennya. Sebagai bagian penting dari sebuah tempat tinggal, atap memiliki fungsi vital dalam melindungi orang yang menempati rumah tersebut. Oleh karena itu dalam membangun sebuah atap yang baik, diperlukan berbagai perhitungan agar bisa menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi penghuni rumah.

Model Atap Rumah
Model Atap Rumah Minimalis

Dalam membuat atap rumah minimalis, ada tiga hal yang perlu diperhatikan dengan merencanakan konstruksinya yaitu struktur gording atap, penutup atap, serta kuda-kuda pada atap yang akan menopang berdirinya konstruksi rangka. Pada bagian penutup atap, dibebankan pada struktur rangka atap. Bagian rangka atap ini mempunyai komponen seperti kuda-kuda, gording, usuk, dan reng. Seluruh berat dari komponen-komponen atap ini kemudian dibebankan pada pondasi melalui kolom atau balok yang dibangun pada rumah minimalis.

Bahan atap rumah juga bermacam-macam mulai dari bahan tanah liat, asbes, metal, keramik, aspal, kaca maupun dari bahan fiber. Pada setiap bahan-bahan atap tersebut tentu memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Di samping itu bentuk atap yang biasa digunakan untuk atap rumah terutama rumah minimalis tidak selamanya harus simetris, jadi kita dapat mendesainnya dengan lebih bervariasi. Misalnya saja ada yang tinggi di bagian sisinya sementara sisi lainnya agak rendah. Selain itu untuk tahapan finishing pastinya agar tampilan atap rumah semakin menarik kita dapat memberikan warna cat yang sepadan atau serasi dengan warna dinding rumah.

Model Atap Rumah

1. Model desain atap pelana
Desain atap ini bisa dibilang sangat sederhana, karena ini merupakan desain yang umumnya digunakan pada semua bangunan seperti rumah maupun sekolah. Bidang pada atap ini terdiri dari 2 sisi yang kemudian bertemu di garis pertemuan atau yang biasa disebut dengan bubungan. Desain atap ini juga cocok digunakan untuk bangunan yang bergaya tradisional maupun modern. Desain atap pelana memiliki kemiringan 35 derajat sehingga sangat efektif untuk menyerap radiasi dan juga panas sinar matahari serta guyuran hujan dapat langsung mengalir ke bawah.

2. Model atap perisai
Bentuk atap ini seperti sebuah perisai yang merupakan pengembangan dari desain atap pelana. Atap perisai berupa sebuah bidang yang miring di semua sisinya yang terbentuk dari 2 bidang segi tiga dan 2 bidang trapesium. Sudut yang digunakan pada bagian atap perisai sekitar 30-40 derajat. Keunggulan apabila Anda menggunakan desain ini yaitu semua bagian dinding luar bisa terlindung dari sinar matahari maupun terpaan hujan deras. Dan karena bentuknya yang agak miring arah angin akan dibelokkan ke arah atas sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan dari struktur bangunan atap.

3. Model atap datar
Pembuatan atap ini terbilang sangat sederhana, begitu juga dengan kenyataannya. Biasanya atap dengan desain seperti ini terbuat dari beton yang kuat yang langsung dicor ketika proses pembangunan sebuah rumah. Selain itu dari segi biayanya juga bisa dibilang lebih murah karena lebih simpel. Akan tetapi apabila Anda menggunakan desain atap jenis ini maka kerugiannya adalah tidak bisa mengalirkan air ke bawah sehingga dapat berpotensi menyebabkan genangan yang bisa memicu kebocoran.

4. Model atap sandar
Desain model ini biasanya digunakan pada bagian bangunan tambahan seperti emperan ataupun selasar. Tetapi untuk saat ini model atap ini juga telah digunakan pada rumah yang mengusung tema konsep modern.

Demikian pembahasan mengenai desain atap rumah yang bisa Anda jadikan referensi untuk mempertimbangkan model atap rumah yang akan Anda pakai. Jika Anda ingin mengetahui contoh-contoh atap rumah silahkan dilihat di contoh model atap rumah minimalis.

Advertisement
loading...
Gambar Model Atap Rumah Minimalis | yoshiwafa | 4.5