Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia – Mulyadi Irwanda – M. Islahuziyad – Rony Zafara. Rumah Gadang? Ruma Gadang adalah nama rumah adat rumah adat Minangkabau.

Presentasi berjudul: “Mulyati Irwanda – M.Islahusiyad – Rony Safara. Rumah Gadang? Rumah Gadang adalah nama rumah adat rumah adat Minangkabau.”— Transcript presentasi:

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

2 Rumah Gadang? Ruma Gadang adalah nama rumah adat Minangkabau, sebuah rumah adat yang banyak ditemukan di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Ruma Gadang artinya rumah besar. Rumah ini juga dikenal sebagai Rumah Bagonjong oleh masyarakat sekitar atau Rumah Banjuang.

Informasi Pendaftaran Sima Ujian Gel.2

3 Sejarah Ruma Gadang Bentuk atap Ruma Gadang yang menyerupai tanduk kerbau sering dikaitkan dengan cerita rakyat “Tambo Alam Minangkabau”. Ceritanya menceritakan tentang kemenangan orang Minang dalam perang kerbau melawan jawa.

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

4 Sejarah Ruma Gadang Asal muasal Ruma Gadang sering dikaitkan dengan kisah perjalanan nenek moyang Wong Minang. Cerita berlanjut bahwa bentuk rumah Gadang Minangkabau yang menyerupai lambung kapal, meniru bentuk perahu nenek moyang mereka di masa lalu. Perahu leluhur ini dikenal dengan nama Sasi.

5 Filosofi Ruma Gadang 1. Ukiran Kayu Seluruh sudut Ruma Gadang terbuat dari ukiran kayu asli Minangkabau. Ukiran ini terinspirasi dari tiga hal, yaitu nama tumbuhan, nama hewan dan nama benda yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

Perkembangan Arsitektur Masjid

6 Filosofi Rumah Gadang 2. Atap biasanya terbuat dari anyaman ijuk kemudian ujungnya meruncing membentuk gonjong. Penggunaan ijuk melambangkan bahwa Rumah Gadang ramah lingkungan. Bentuk atap sering dikaitkan dengan tanduk kerbau. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa atap rumah Gadang meniru Siriya Basusun (terbuat dari sirih). Ini melambangkan rumah gadung sebagai tali yang menghubungkan persahabatan dan kekerabatan.

7 Filosofi Gadang 3. Struktur Simetris dan meruncing di kedua ujungnya, bentuk bangunan sering digambarkan sebagai kapal besar. Hal ini tidak hanya menunjukkan bahwa rumah Gadang merupakan pusat kehidupan bagi masyarakat Minang dan merupakan simbol tempat berteduh dan berlindung saat mengarungi lautan kehidupan.

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

8 Filosofi Ruma Gadang 4. Rankiang Rankiang adalah bangunan di depan rumah Ruma Gadang Gadang. Rankiang merupakan simbol kelangsungan hidup masyarakat Minangkabau. Ada banyak jenis Rankiang dan masing-masing Rankiang memiliki fungsinya masing-masing. Meski sama-sama gudang beras, Abuan memiliki rankiang dengan beras (biji). Nasi untuk makanan sehari-hari, nasi untuk persiapan kelaparan, dll.

Rumah Tradisional Honai Ilustrasi Stok

9 Aspek Iklim Sumatera Barat terletak di atas lahan seluas 4.297.300 hektar dan terletak antara 0º54′ Lintang Utara dan 3º30′ Lintang Utara, sehingga melintasi garis khatulistiwa. Lebih dari separuh wilayah Sumatera Barat berbukit-bukit. Sumatera Barat terletak di daerah tropis dengan iklim tropis lembab. Suhu rata-rata berkisar antara 21°C – 38°C di pantai barat provinsi Sumatera Barat, 15°C – 34°C di dataran tinggi dan 19°C di daratan timur Bukit Barisan. – 34 derajat Celcius.

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

10 Struktur 1. Pondasi dan tiang Semua tiang Rumah Gadang tidak dikubur di dalam tanah, tetapi bertumpu pada batu datar yang kuat dan lebar. Pada semua susunan tiang dan kasau besar, tidak semua sambungan menggunakan paku, melainkan pasak yang terbuat dari kayu.

11 Struktur 2. Lantai bangunan Ruma Gadang terbuat dari papan laminasi. Serat bambu patah (palupuh) atau batang pisang juga terkadang digunakan sebagai penutup lantai.

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

Gambar Rumah Adat Kalimantan Barat

12 Struktur 3. Struktur atap Ruma Gadang menggunakan balok struktural yang menghubungkan tiang-tiang atas yang disebut paran. Atap tirus berguna untuk melepaskan endapan air pada lapisan fiber sehingga air dapat meluncur lebih cepat.

13 Struktur 4. Sistem Penyambung Bangunan Rumah Gadang tidak menggunakan paku melainkan menggunakan peniti bambu untuk menyambung tiang dan bagian rumah lainnya.

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

14 Bahan 1. Kayu Kayu merupakan bahan utama dalam pembuatan Rumah Gadang, terutama untuk stik tuo. Karena Tuo Milestone menjadi penentu kokoh atau tidaknya Rumah Gadang, maka kayu yang digunakan adalah kayu pilihan dan penyimpanannya selalu berdasarkan adat masyarakat.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa

17 Bahan 4. Papan Papan adalah potongan kayu setebal 3-5 cm yang digunakan untuk membangun dinding.

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

18 Kelebihan dan Kekurangan Rumah Gadang 1. Kelebihan Merupakan perwujudan kearifan lokal dan tradisi, sehingga dapat menimbulkan rasa bangga dan bahagia. Menggunakan sumber daya alam lokal, lebih ramah lingkungan dan mendukung konsumsi energi yang berkelanjutan. Tahan gempa menampung banyak anggota keluarga

19 Kelebihan dan Kekurangan Ruma Gadang 2. Kekurangan Hanya suku yang berhak membangun/memiliki Ruma Gadang

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

Branding Potensi Ntb Pada Anjungan Daerah Di Taman Mini Indonesia Indah

20 Sosial Budaya Pada masa awal terbentuknya budaya Minangabau, hanya ada empat suku dari dua Lareh (Larus) atau Kelarasan. Suku-suku tersebut adalah: Suku Koto, Suku Piliang, Suku Bodi dan Suku Kanyago. Dan kedua pelaksanaannya adalah: 1. Lareh Koto Piliang dimulai oleh Datuk Ketumanggungan 2. Lareh Bodi Kaniago dimulai oleh Datuk Perpati Nan Sebatang. Piliang menganut sistem budaya aristokrasi militer 2. Lare Bodi Kanyago menganut sistem budaya sosialis-demokratis.

21 Keturunan dan Warisan Sosial Budaya Sistem kekerabatan Minangkabau erat kaitannya dengan sistem bahasa ibu di mana pewarisan diturunkan melalui garis ibu. Meskipun peran laki-laki sebagai kepala rumah tangga sangat penting, unit-unit keluarga tersusun atas dasar anggota keluarga perempuan. Menikah Masyarakat Minangkabau merupakan masyarakat yang memiliki ikatan persaudaraan yang kuat, hidup secara komunal atau berkelompok. Hal ini tercermin dari adanya ruang terbuka atau open space di dalam setiap kelompok atau kelompok fasilitas huniannya, yang merupakan tempat masyarakat bersosialisasi. 1. Masyarakat Minangkabau adalah masyarakat kekerabatan yang kuat yang hidup secara komunal atau berkelompok. Hal ini tercermin dari adanya ruang terbuka atau open space di dalam setiap kelompok atau kelompok fasilitas huniannya, yang merupakan tempat masyarakat bersosialisasi.

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

Tautan ke 22 pendekatan ekologis. Sumatera Barat memiliki tanah yang gembur dan daya dukung bangunan yang rendah. Oleh karena itu, dibuatlah suatu denah bangunan yang sederhana dan simetris, bahan yang digunakan harus ringan, sistem sambungan harus kaku dan fleksibel, serta sistem struktur dan konstruksi terintegrasi, terutama pada struktur atap, dinding dan pondasi. Panjang rumah adat ini disesuaikan dengan ukuran lahan datar yang tersedia di alam, sehingga terjadi keselarasan dan struktur yang baik antara alam dan bangunan. Sumatera Barat merupakan daerah yang rawan gempa. Konstruksi rumah gadung dengan sistem pasak membuat rumah menjadi elastis jika terjadi goncangan dan diimbangi dengan atap yang besar.

Mengenal Arsitektur Vernakular Lebih Dekat

Download ppt “MULYADI IRWANDA – M.ISLAHUZZIAD – RONY SAFARA. RUMAH GADANG? Rumah Gadang adalah nama sebuah rumah adat Minangkabau yang merupakan rumah adat.”

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

Agar situs web ini berfungsi, kami mencatat dan membagikan data pengguna dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menerima kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami. Arsitektur Prolog Nusantara memiliki karakter khas yang berbeda-beda di setiap daerah. Perbedaan tersebut disebabkan oleh keragaman adat dan budaya yang berkembang di lingkungan tersebut. Namun, arsitektur nusantara juga memiliki banyak aspek yang serupa. Karena mereka masih memiliki keluarga yang sama, kondisi geografis, pandangan tradisional, dll. Pikirkan bahan, konstruksi atap, denah lantai, dll

Batak Toba dan Toraja adalah dua nama suku yang berbeda. Selain itu, lokasi kawasan ini tidak dekat, bahkan bisa dibilang jauh. Namun ada yang menarik dari kedua suku ini. Perhatikan bentuk rumah, maka kita bisa menemukan kesamaan bentuk atapnya.

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

Home Sweet Home

8 Rumah Adat Batak Toba Rumah Balai Batak Toba atau Rumah Bolon adalah rumah adat masyarakat Batak Toba yang tinggal di salah satu sisi Sumatera Utara. Rumah ini terbagi menjadi dua bagian, Jabu Parsakitan dan Jabu Bolon. Jabu Parsakitan adalah tempat menyimpan barang. Tempat ini juga terkadang digunakan sebagai tempat diskusi tentang hal-hal adat. Jabu Bolon adalah rumah keluarga besar. Rumah ini tidak memiliki sekat atau ruangan, sehingga keluarga tersebut tinggal dan tidur bersama. Rumah Balai Batak Toba disebut juga dengan Rumah Bolon. Bagi orang Batak, rumah ini seperti kerbau yang berdiri. Rumah adat Batak dibangun dengan gotong royong masyarakat Batak. Rumah tersebut berbentuk seperti rumah panggung yang ditopang oleh beberapa tiang penyangga. Tiang-tiang rumah biasanya terbuat dari kayu. Rumah Balai Batak Toba memiliki struktur kayu yang sederhana.

9 Menurut kepercayaan orang Batak, rumah ini terbagi menjadi tiga bagian yang mencerminkan dunia atau dimensi yang berbeda. Bagian pertama adalah atap rumah yang diyakini mencerminkan dunia para dewa. Bagian kedua adalah lantai rumah, yang diyakini mencerminkan dunia manusia. Bagian ketiga adalah bagian bawah rumah atau kolong rumah, yang mencerminkan dunia orang mati.

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

10 Atap Ruma Bolon/Balai menggabungkan konsep dasar punggung kerbau, bentuk lengkung meningkatkan nilai aerodinamis terhadap angin belakang yang kuat. Atapnya terbuat dari ijuk, bahan yang mudah didapat di daerah tersebut. Suku Batak menganggap atap sebagai sesuatu yang sakral dan karenanya menggunakannya untuk menjaga hak-hak mereka.

Pdf) Arsitektur Bangunan Suci Hindu, Berdasarkan Asta Kosala Kosali

12 Pondasi rumah Batak Toba menggunakan pondasi umpak dan batu merupakan alas balok kayu yang di atasnya berdiri. Pilar-pilar tersebut berdiameter 42-50 cm dan berdiri di atas batu dengan struktur fleksibel yang tahan terhadap gempa. Ada 18 pos dan angka ini berarti persatuan dan soliditas.

Ppt Arsitektur Rumah Adat Di Indonesia

Kolom/posting. Jarak antar tiang adalah cm. Bentuknya bulat dengan diameter sekitar 40 cm. Pilar hanya ada di samping

Arsitektur rumah adat daerah, semua rumah adat di indonesia, macam rumah adat di indonesia, rumah adat tradisional di indonesia, arsitektur rumah adat betawi, berbagai rumah adat di indonesia, arsitektur rumah adat bali, keragaman rumah adat di indonesia, arsitektur rumah adat sunda, rumah adat daerah di indonesia, arsitektur rumah adat, kumpulan rumah adat di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.